Keep On Green!


greenLingkungan hijau dan asri tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun kita tak bisa menghindari kondisi yang terjadi saat ini dimana lingkungan sudah sangat tidak bersahabat. Krisis Lingkungan sepertinya tak kunjung selesai. Mulai dari sampah, pencemaran dan kerusakan lingkungan, pemanasan global, polusi, perubahan iklim , pembabatan hutan secara besar-besaran,dan makin terbatasnya pasokan sumber daya alam. Jika ini terus dibiarkan kerusakan alam akan menimbulkan bencana bagi peradaban manusia. Karena itu siapapun kita, sadari betul bahwa lingkungan hidup perlu kita jaga kelestariannya.

Berawal dari Hal yang Kecil

Untuk memulai sesuatu, selalu muncul dari kesadaran hati dan di mulai dari hal-hal yang kecil. Sepertinya memang terdengar sepele. Tapi, pada kenyataanya semua memang berawal dari hal-hal yang kecil. Kita tidak perlu menjadi bagian dari kelompok besar untuk menyelamatkan lingkungan. Tiap individu bisa membawa perubahan kecil tapi memegang peranan yang cukup penting. Karena apapun bisa mempengaruhi alam. Berikut ini hal-hal kecil yang dapat kita lakukan untuk mengurangi laju pencemaran dan kerusakan lingkungan antara lain :

  1. Tidak membuang sampah sembarangan, dengan sedikit waktu anda juga bisa melakukan pemisahan antara sampah organik, kertas, plastik dan lainnya
  2. Menghemat penggunaan air dan menggunakan air secara efisien
  3. Matikan lampu yang tidak terpakai. Gunakanlah lampu hemat energi.
  4. Menanam pohon, ini bisa dimulai dari pekarangan anda sendiri
  5. Donasikan pakaian lama anda,perabot rumah tangga, dan mainan yang sekiranya sudah tidak terpakai untuk di sumbangkan ke amal, di berikan kepada tetangga, atau teman yang membutuhkan
  6. Logam Kaleng dan plastik kontainer bisa anda manfaatkan sebagai wadah serba guna yang dapat digunakan untuk menyimpan item.
  7. Hindari berbelanja yang tidak mendesak (Kurangi gaya hidup konsumtif)
  8. Mengurangi penggunaan pendingin ruangan (AC)
  9. Kurangi penggunaan mobil. Anda bisa mencobanya dengan bersepeda, carpooling, berjalan kaki, ataupun dengan bus.
  10. Gunakan produk-produk yang ramah lingkungan, kurangi penggunaan tas plastik dan styrofoam
Memerangi perubahan iklim dan melindungi ekosistem membutuhkan perhatian khusus bagi semua pihak. Menjadi demikian pentingnya menanamkan kesadaran dan gaya hidup yang mendukung pelestarian dan menjaga alam agar tetap hijau. Tak lupa, tanamkan juga sedini mungkin pada anak-anak tentang arti penting hidup selaras dengan alam. Kita sudah mengetahui banyak bukan bagaimana cara menjaga lingkungan dengan baik, dan kini apakah kita akan benar-benar menjaga lingkungan kita?